- Detail Berita -

Smart School Online, Perlindungan Anak Di Era Digital

Smart School Online, Perlindungan Anak Di Era Digital

Dunia telah berubah, dimana dunia digital telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, baik secara ekonomi, sosial, budaya maupun politik. Anak anak kita kenal sebagai “digital-native”, dimana sejak kelahiran, mereka telah terpapar oleh gencarnya perkembangan dunia digital ini, sehingga mereka sangat fasih belajar tentang perkembangan internet, animasi, komputer, dan segala yang terkait teknologi.

Dunia digital telah memberi begitu banyak manfaat serta kemudahan-kemudahan dalam kehidupan kita. Pengguna internet di Indonesia saat ini berjumlah 132,7 juta (Data: APJII, 2016), dimana 80% pengguna adalah anak anak muda dari kategori 10 hingga 29 tahun. Di tahun 2014, penelitian UNICEF melaporkan bahwa terdapat 30 juta anak anak Indonesia sebagai pengguna internet, dimana saat ini kemungkinan angka tersebut telah meningkat.

Walau masih ada kesenjangan digital antara anak/remaja di kota dengan mereka di pedesaan, kita perlu melakukan usaha keras untuk perlindungan anak di dunia internet, mengingat banyaknya konten negatif yang ada disana, yang memungkinkan anak anak kita terpapar isu-isu anak/remaja, seperti Cyberbullying, Adiksi Pornografi, Adiksi Online Games, Cybercrime, serta isu-isu lain yang terus menerus berkembang sebagai dampak dari berkembangnya dunia digital ini.

  • Ecpat Indonesia

    Komplek Kalibata Indah Jl. Lobi-lobi U-23 Rawajati Timur, Pancoran Jakarta Selatan 12750

    Telp. (021) 27531020 Email. secretariat@ecpatindonesia.org

  • Ict Watch

    Jl. Tebet Barat Dalam VIH No. 16A Jakarta 12810

    Telp. (021) 8292428
    Email. info@ictwatch.id

  • Sejiwa

    Blok I No. 8, Pesona Depok Estate, Depok 16431, Jawa Barat

    Telp. (021) 7773862
    Email. info@sejiwa.org